2. ANALISIS KASUS

Generasi  tua yang  mempunyai cara pandang luas dan memperkuat tradisi  yang menjauhi hal hal yang menurutnya dianggap tidak sesuai dengan norma yang berlaku sehingga tidak menimbulkan hal-hal yang negatif. Sedangkan  generasi muda dalam menentukan pilihannya lebih cenderung mengikuti semangatnya, dan lebih cenderung progressif bahkan agresif. Karena semangat mereka merupakan sebagai modal motor penggerak perubahan untuk generasi yang lebih maju. Akan tetapi generasi muda mempunyai pemikiran yang sempit dan cenderung mengikuti zaman yang semakin maju tanpa memikirkan dampak buruk terhadap lingkungannya.

Pola hubungan  tersebut merupakan pola hubungan pluralisme yang salah di dalam suatu kelompok masyarakat terdapat berbagai kelompok yang berbeda.

Generasi tua sebaiknya memberi sedikit toleransi terhadap generasi muda, harus mempertahankan budayannya tapi juga harus mau juga untuk menerima pengaruh dari budaya luar agar sedikit mengtahui tentang perkembangan zaman. generasi muda juga jangan terlalu berpandangan secara bebas terhadap segala sesuatu yang diinginkan dan mengikuti norma yang ada, sebab kalau terlalu mengikuti perkembangan yang bebas bisa menyebabkan sesuatu yang negatif. Perubahan social dan budaya membawa dampak positif dan negative terhadap kehidupan kita. Sebagai generasi muda kita jangan terlalu berpandangan secara bebas terhadap segala sesuatu yang diinginkan Kita harus waspada terhadap hal-hal yang menimbulkan perubahan yang mengarah ke hal negative. Kita harus mempunyai sikap tegas menolak terhadap perubahan yang membawa ke arah negative. Kita dapat mengambil pengaruh positifnya yaitu dengan tetap berpedoman pada nilai dan norma masyarakat , mengambil pengaruh positif dari budaya Barat, seperti tepat waktu , belajar keras , dan rajin belajar ilmu pengetahuan serta mengenal dan mencintai kebudayaan sendiri dengan berusaha melestarikannya dan yang terpenting adalah dengan membentengi diri dengan ilmu agama. Intinya adalah kedua generasi tersebut harus saling bertoleransi.

By SOCIOUS SOCIETY

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s