7. SOAL LATIHAN SOSIOLOGI SMA

Soal Sosiologi kelas X

1.     Sosiologi lahir dari lontaran kekhawatiran seorang ahli filsafat Perancis yang bernama…

a.       Herbert Spencer

b.       Thomas Hobbes

c.       Lester Frank Ward

d.     Max Weber

e.      Auguste Comte

 

 

2.   Sosiologi didasarkan pada hasil observasi, tidak spekulatif, dan menggunakan akal sehat. Hasil ini menunjukkan bahwa sosiologi bersifat…

a.       Empiris

b.      Teoritis

c.       Kumulatif

d.      Non-etis

e.      Praktis

 

3.     Sosiologi memperlajari tumbuh, bangun, dan kewajiban masyarakat. Ini merupakan definisi sosiologi menurut…

A        Selo Soemarjan

b.      Ogburn

c.       Durkheim

d.      Weber

e.      Spencer

 

4.    Definisi sosiologi adalah…

a.       Ilmu pengetahuan tentang pergaulan hidup manusia

b.      Ilmu yang mempelajari adat istiadat manusia

c.       Ilmu yang mempelajari hubungan manusia dengan alam

d.      Ilmu yang mempelajari terjadinya manusia

e.      Ilmu pengetahuan tentang alam semesta

 

5.   Contoh nilai yang sudah melembaga dalam kehidupan masyarakat antara lain…

a.       Gotong royong

b.      Sikap individualistik

c.       Sikap materialistik

d.      Konsumeristik

e.      Nepotisme

 

6.   Suatu perubahan yang diulang-ulang dalam bentuk yang sama sehingga menjadi pola masyarakat disebut

a.       Usage

b.      Folkways

c.       Adat istiadat

d.      Mores

e.      Custom

 

7.      Nilai kebenaran yang berguna bagi rohani manusia bersumber pada…

a.       Kepercayaan terhadap suatu agama

b.      Keyakinan diri sendiri

c.       Perasaan manusia

d.      Unsur akal manusia

e.      Unsur indera manusia

8.   Kehidupan dalam suatu masyarakat akan berjalan tertib dan teratur jika anggota masyarakat sendiri bertindak sesuai dengan yang diharapka, yang berpedoman pada …

a.       Apa yang dikehendaki

b.      Kebiasaan yang telah mendarah daging

c.       Aturan penguasa

d.      Norma yang berlaku

e.      Simbol-simbol kekuasaan

 

9.   Nilai-nilai sosial mempunyai fungsi umum, antara lain…

a.       Mengukur usaha manusia dalam memperlakukan nilai tersebut

b.      Mengukur kedudukan seseorang dalam menggunakan nilai tersebut

c.       Mengarahkan manusia dalam berpikir dan bertingkah laku

d.      Mengukur seberapa banyak orang yang menganut nilai tersebut

e.      Merupakan langkah awal bagi manusia untuk memperkuat kekuasaannya

 

10.  Salah satu sumber informasi yang mendasari iteraksi adalah …

a.       Sikap diri

b.      Letak geografis

c.       Sosialisasi

d.      Asal-usul

e.      Penampilan fisik

 

13.  Berikut ini yang merupakan tahapan dalam proses mendekatkan, adalah …

a.       Terminating

b.      Describing

c.       Stragnating

d.      Intensifying

e.      Extensifying

 

14.   Adanya kecenderungan atau keinginan dalam diri seseorang untuk menjadi sama dengan pihak lain disebut …

a.       Sugesti

b.      Imitasi

c.       Simpati

d.      Asimilasi

e.      Identifikasi

 

15.   Bila seseorang telah mengadakan hubungan langsung seperti tatap muka, maka orang tersebut telah mengadakan . . .

a.       Kontak sekunder

b.      Kontak sekunder langsung

c.       Interaksi

d.      Kontak primer

e.      Kontak sekunder tidak langsung

 

16.   Kontravensi merupakan bentuk proses sosial yang berada antara . . .

a.       Persaingan dan pertentangan

b.      Akomodasi dan asimilasi

c.       Kerjasama dan persaingan

d.      Pertentangan dan konflik

e.      Persaingan dan akomodasi

 

17.  Jumlah pelakunya lebih dari dua. Adanya komunikasi antara pelaku dengan menggunakan simbol atau lambang. Hal ini merupakan ciri dari . . .

a.       Integrasi sosial

b.      Perubahan sosial

c.       Interaksi sosial

d.      Komunikasi sosial

e.      Kontak social

 

18.   Salah satu faktor yang mempengaruhi interaksi sosial adalah sugesti. Sugesti berarti . . .

a.       Meniru perbuatan orang lain dengan berbagai perubahan

b.      Melakukan perbuatan sama seperti pihak lain

c.       Merasakan seperti apa yang dirasakan pihak lain

d.      Mengikuti pihak lain tanpa menggunakan alasan

e.      Melakukan perbuatan tanpa memperhatikan keberadaan orang lain

 

19.   Ada empat macam jarak dalam interaksi sosial. Salah satunya adalah . . .

a.       Jarak waktu

b.      Jarak ruang

c.       Jarak pribadi

d.      Jarak tempat

e.      Jarak media

 

20.   Bentuk interaksi antarindividu dengan kelompok berikut ini adalah . . .

a.       Adik meminta uang jajan kepada ibunya

b.      Penonton pertandingan bola berteriak secara serempak

c.       Ibu dan bapak bercakap-cakap di ruang tamu

d.      Toto melihat- lihat foto teman sekolahnya

e.      Ibu Indah mengajar sosiologi di kelas dua

 

21.   Kontak yang terjadi antara masing-masing pihak melalui surat atau telepon termasuk kontak . . .

a.       Sekunder tidak langsung

b.      Primer langsung

c.       Sekunder

d.      Primer tidak langsung

e.      Sekunder langsung

 

22.   Bila si anak mulai menyesuaikan diri dengan adat istiadat atau perilaku kelompoknya maka anak tersebut sudah mulai . . .

a.       Menengal norma

b.      Belajar bergaul

c.       Memahami nilai

d.      Berintegrasi

e.      Bersosialisasi

 

23.   Agen sosialisasi pada tahap awal pembentuk kepribadian anak adalah . . .

a.       Teman bermain

b.      Teman belajar

c.       Keluarga

d.      Sekolah

e.      Media massa

 

24.   Iklan yang ditayangkan melalui media televisi mempunyai pengaruh besar terhadap perkembangan hidup di masyarakat karena iklan berpotensi memicu . . .

a.       Perubahan pola hidup masyarakat

b.      Terjadinya benturan kepentingan

c.       Terjadinya kebrutalan anak-anak

d.      Timbulnya perilaku yang khas di masyarakat

e.      Perubahan pola pikir yang cenderung amoral

 

25. Jika seseorang ingin diterima menjadi anggota kelompok sosial, maka ia harus menjalani proses . . .

a.       Institusionalisasi

b.      Nasionalisasi

c.       Sosialisasi

d.      Normalisasi

e.      Internalisasi

 

26. Peranan sekolah dalam sosialisasi sangat berhubungan dengan kepastian ekonomi karena . . .

a.       Semua sekolah dapat menciptakan lapangan pekerjaan

b.      Sekolah adalah tempat bermain dan belajar

c.       Sekolah mengajarkan keterampilan dan pengetahuan

d.      Kurangnya sekolah merupakan indikator kemiskinan suatu daerah

e.      Kulaitas manusia ditentukan oleh tingkat pendidikan

 

27.   Proses sosialisasi primer yang tidak sempurna antara lain disebabkan oleh . . .

a.       Anak yang dilahirkan dalam keadaan cacat

b.      Terjadinya peperangan atau disintegrasi keluarga

c.       Perubahan masyarakat yang terlalu cepat dan mendasar

d.      Kenakalan remaja yang semakin gencar dan meresakan

e.      Tidak adanya kepastian hukum di masyarakat

 

28.   Masa di mana seorang anak mulai belajar mengambil peranan orang-orang yang berada di sekitarnya dengan meniru disebut . . .

a.       Play stage

b.      Game stage

c.       Generalized stage

d.      Masa akil balig

e.      Masa kanak-kanak

 

 

29.   Sosialisasi dalam pergaulan merupakan tipe sosialisasi . . .

a.       Formal

b.      Informal

c.       Material

d.      Immaterial

e.      Primer

 

30.   Cara untuk menertibkan masyarakat yang melanggar aturan disebut . . .

a.       Lembaga sosial

b.      Pengendalian sosial

c.       Penaatan sosial

d.      Keteraturan sosial

e.      Ketertiban sosial

 


 

Soal sosiologi kelas XI

1.    Berikut ini merupakan ciri struktur sosial, yaitu . . .

a.       Struktur sosial merupakan seluruh kebudayaan masyarakat

b.      Struktur sosial dapat dilihat secara vertikal

c.       Struktur sosial mengacu pada status dan peranan

d.      Struktur sosial dapat dilihat secara horizontal

e.      Struktur sosial memiliki hubungan yang aneh

 

2.     Kekayaan, pekerjaan, dan pendidikan merupakan dasar penggolongan masyarakat secara . . .

a.       Horizontal

b.      Vertikal

c.       Longitudinal

d.      Searah

e.      Horizontal dan Vertikal

 

3.   Berikut ini yang termasuk diferensiasi social adalah…

a.     Ras, jenis kelamin, dan pendidikan

b.     Kekayaan, suku bangsa, dan agama

c.      Klan, agama, dan ras

d.     Pekerjaan, jenis kelamin, dan keahlian

e.      Pekerjaan, kekuasaan, dan agama

 

 

4.     Kemajemukan sosial dalam suatu masyarakat didasarkan pada . . .

a.       Ras dan Agama

b.      Ras dan Pendidikan

c.       Pekerjaan dan Kekuasaan

d.      Kekayaan dan Etnis

e.      Kekuasaan dan Klen

 

5.   Yang termasuk ke dalam ciri fenotip kuantitatif adalah . . .

a.       Bentuk rambut dan golongan darah

b.      Bentuk amta dan jantung

c.       Bentuk hidung dan golongan darah

d.      Golongan darah dan jantung

e.      Warna kulit dan bentuk rambut

 

6.       Pada masyarakat Minangkabau, klen yang didasarkan pada garis keturunan ibu disebut . . .

a.       Marga

b.      Fratri

c.       Paroh

d.      Paruik

e.      Fam

 

 

7.   Hidung mancung, kulit putih, rambut pirang merupakan ciri khas . . .

a.       Mongoloid

b.      Kaukasoid

c.       Negroid

d.      Austroloid

e.      Veddoid

 

8.    Masyarakat Indonesia pada umumnya termasuk ras…

a.     Kaukosid Mediterania

b.     Asiatic Mongoloid

c.     Malayan Mongoloid

d.     Indoaustrenesia

e.     Malayan Melanesia

 

9.    Diferensiasi berdasarkan gender pada masyarakat maju dikaitkan dengan…

a.    Keahliannya

b.    Kepribadian

c.     Pola pendidikan

d.    Keturunan

e.    Tingkah laku

 

10.   Sikap yang cocok pada masyarakat majemuk agar tidak terjadi konflik…

a.    Kompromis

b.    Kerja sama

c.     Demokratis

d.    Toleransi

e.    Koordinasi

 

 

11.   Ahli yang mengemukakan bahwa stratifikasi sosial merupakan penggolongan orang-orang ke dalam lapisan-lapisan hierarki menurut dimensi kekuasaan, hak-hak istimewa, dan prestise adalah . . .

a.       Pitirim A. Sorokin

b.      Karl Marx

c.       Cuber

d.      Emile Durkheim

e.      Max Weber

 

12.  Beberapa factor yang menyebabkan stratifikasi social adalah…

  1. a.          Kepandaian, usia, jenis kelamin, dan kekayaan
  2. Kekayaan, busana, usia, dan tutur kata
  3. Keahlian, relasi, busana dan gaya bicara
  4. Tutur kata, usia, jenis kelammin, dan busana
  5. Kekayaan, kepandaian dan usia

 

13.   Faktor penentu stratifikasi sosial pada masyarakat bercocok tanam adalah . . .

a.       Pembuka lahan

b.      Kepandaian berburu

c.       Jenis kelamin

d.      Harta benda

e.      Umur

 

14.  Tingkah laku yang diharapkan dari seseorang yang mengaku suatu status disebut…

  1. Kedudukan
  2. Simbol
  3. Kekuasaan
  4. d.      Peranan
  5. Pangkat

 

 

15.   Kondisi yang mendorong terciptanya stratifikasi dalam masyarakat adalah . . .

a.       Melimpahnya kekayaan alam

b.      Kerjasama dalam mengerjakan tugas

c.       Perbedaan ras dan budaya

d.      Prestise sosial

e.      Status dan peranan seseorang

 

16.  Yang termasuk achieved status adalah…

a.        Dokter ahli

b.        Gelar Bangsawan

c.         Kasta Brahmana

d.        Jenis kelamin

e.        Orang kulit hitam

 

17.  Criteria pelapisan social yang dikaitkan dengan jabatan tertentu adalah…

a.      Keturunan

b.      Kepandaian

c.       Kehormatan

d.      Pendidikan

e.      Kekuasaan

 

 

18.   Primordialisme dapat terjadi karena . . .

a.       Adanya suatu sikap untuk mempertahankan keutuhan suatu kelompok sosial

b.      Adanya keinginan untuk mempertahankan keinginan pribadi

c.       Adanya kecintaan pada bangsa dan negara

d.      Adanya pembagian tugas yang terspesialisasi

e.      Adanya dominasi terhadap kelompok minoritas

 

19.   Sikap yang selalu mengukur kebudayaan orang lain dengan ukuran kebudayaan sendiri disebut…

a.      Chauvinisme

b.      Etnosentrisme

c.       Nasionalisme

d.      Heterogenitas

e.      Egosime

 

20.   Dampak positif sikap etnosentrisme adalah . . .

a.       Memperteguh rasa cinta terhadap kebudayaan atau bangsa

b.      Meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa

c.       Meningkatkan keberagaman budaya

d.      Meningkatkan rasa tenggang rasa

e.      Memperteguh rasa cinta terhadap sesama

 

21.   Berkembangnya globalisasi memicu gaya hidup konsumtif pada masyarakat Indonesia. Hal ini bertentangan dengan prinsip hidup sederhana yang dijunjung tinggi oleh masyarakat pada umumnya. Dalam kondisi itu, timbullah konflik yang disebabkan oleh . . .

a.       Perubahan sosial

b.      Perbedaan kepentingan

c.       Perbedaan antarindividu

d.      Perbedaan kebudayaan

e.      Perbedaan antarkelompok

22.  Suatu proses social antara dua orang atau lebih sehingga salah satu pihak atau kedua pihak berusaha menyingkirkan pihak lain dengan jalan menghancurkan atau membuatnya tidak berdaya disebut..

  1.                 a.      Interaksi social
  2.                 b.      Pertikaian social
  3.                 c.       Persaingan social
  4.                 d.      Konflik social
  5.                 e.      Kontravensi

 

23.   Berikut ini, yang merupakan dampak positif dari sebuah konflik adalah . . .

a.       Meningkatkan solidaritas kelompok

b.      Mengubah kepribadian individu

c.       Meningkatkan integrasi

d.      Meningkatkan rasa tenggang rasa antarindividu

e.      Menghilangkan rasa dendam dan benci dalam masyarakat

 

24.   Konflik dapat berfungsi sebagai . . .

a.       Pemersatu hubungan sosial

b.      Penunjuk kekuatan dan stabilitas hubungan sosial

c.       Pemenuh kebutuhan sosial

d.      Mendorong pihak yang bertikai untuk saling memaafkan

e.      Alat pemersatu bagi anggotanya

 

25.   Mengintimidasi, memfitnah, dan meneror seseorang merupakan contoh kekerasan . . .

a.       Langsung

b.      Subjektif

c.       Objektif

d.      Tidak langsung

e.      Struktural

 

26.   Integrasi yang terjadi akibat adanya norma-norma yang berlaku dalam masyarakat disebut . . .

a.       Integrasi koersif

b.      Integrasi fungsional

c.       Integrasi struktural

d.      Integrasi nasional

e.      Integrasi normatif

 

27. Seorang murid dari salah satu Sekolah Menengah Kejuruan pindah ke Sekolah Mengengah Umummerupakan contoh mobilitas social…

  1.   a.          Horizontal
  2.   b.          Integrasi
  3.   c.           Antargenerasi
  4.   d.          Vertikal naik
  5.   e.          Vertikal turun

 

28.   Yang menjadi salah satu faktor penghambat mobilitas sosial adalah…

a.       Situasi politik

b.      Perbedaan ras dan agama

c.       Tingkat fertilitas yang berbeda

d.      Perubahan kondisi sosial

e.      Komunikasi yang bebas

 

29.   Peralihan status sosial yang terjadi dalam satu generasi yang sama disebut . . .

a.       Mobilitas intragenerasi

b.      Mobilitas geografis

c.       Mobilitas antargenerasi

d.      Mobilitas vertikal

e.      Mobilitas horizontal

 

30.   Ahli yang mengemukakan bahwa mobilitas sosial merupakan suatu gerak perpindahan dari satu kelas sosial ke kelas sosial yang lainnya adalah . . .

a.       Pitirim A. Sorokin

b.      Paul B. Horton

c.       Chester L. Hunt

d.      Peter Berger

e.      C. Wright Mills

Evaluasi Semester 2

1.       Kebudayaan berasal dari bahasa Sanskerta yaitu . . .

a.       Dharma

b.      Buddhayah

c.       Prasetya

d.      Satya

e.      Prapanca

 

2.      Perilaku, bahasa, dan materi merupakan contoh kebudayaan yang bersifat . . .

a.       Konkret

b.      Abstrak

c.       Berpola

d.      Mengikat

e.      Tradisi

 

3.     Kebudayaan merupakan suatu hal yang bersifat turun-temurun dari satu generasi ke generasi. Artinya, kebudayaan merupakan . . .

a.       Supernatural

b.      Superorganik

c.       Superior

d.      Berpola

e.      Supremasi

 

4.      Yang termasuk ke dalam unsur-unsur kebudayaan adalah . . .

a.       Sistem ekonomi

b.      Perkawinan

c.       Suku bangsa

d.      Pluralisme

e.      Persatuan

 

5.     Kalau kita merasa kedinginan, kita akan memakai pakaian yang lebih tebal. Kita berbeda dengan hewan yang telah memiliki bulu yang tebal untuk melindungi tubuhnya dari udara dingin. Hal ini menunjukkan bahwa . . .

a.       Kebudayaan merupakan hal yang kita miliki bersama

b.      Kebudayaan merupakan hasil integrasi

c.       Kebudayaan didasarkan pada lambang

d.      Kebudayaan adalah hasil belajar

e.      Kebudayaan bersifat universal

 

6.       Simbol terpenting dalam kebudayaan masyarakat adalah . . .

a.       Artefak

b.      Kesenian

c.       Pakaian

d.      Alat musik

e.      Bahasa

 

7.       Sistem mata pencaharian paling tua dalam kebudayaan manusia adalah . . .

a.       Bercocok tanam

b.      Beternak

c.       Berburu dan meramu

d.      Berladang

e.      Bertani

 

8.     Suatu bentuk kelompok kekerabatan di mana satu dan lainnya terikat melalui garis keturunan laki-laki saja atau perempuan saja disebut . . .

a.       Kekerabatan

b.      Klen kecil

c.       Fratri

d.      Paroh masyarakat

e.      Klan besar

 

9.      Suku bangsa Batak dan Manggarai menganut sistem kekerabatan . . .

a.       Patrilineal

b.      Matrilineal

c.       Ambilineal

d.      Unilineal

e.      Bilateral

 

10.   Yang termasuk ke dalam fungsi khusus bahasa adalah . . .

a.       Mempelajari naskah-naskah kuno

b.      Alat komunikasi

c.       Alat untuk mengekspresikan diri

d.      Alat untuk mengintegrasi dan beradaptasi sosial

e.      Alat pemersatu bangsa

 

11.   Ayam Den Lapeh merupakan lagu daerah yang berasal dari . . .

a.       Aceh

b.      Jawa Barat

c.       Sumatera Utara

d.      Sumatera Barat

e.      Riau

 

12.   Proses sosial yang dapat mengakibatkan perubahan pada sistem kemasyarakatan adalah . . .

a.       Difusi

b.      Asimilasi

c.       Orijinasi

d.      Akulturasi

e.      Inovasi

 

13.   Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut !

1.       Unsur baru yang berlawanan dengan unsur lama kemungkinan besar tidak diterima

2.       Adanya suatu pengakuan bahwa unsur baru tersebut mempunyai kegunaan

3.       Kemampuan untuk mendemonstrasikan manfaat penemuan baru tersebut

4.       Pemimpin dapat membatasi proses difusi

5.       Adanya pengakuan terhadap kegunaan penemuan baru

Pernyataan yang termasuk ke dalam faktor-faktor yang mempengaruhi difusi intramasyarakat adalah…

a.       1, 2, dan 3

b.      1, 2, dan 4

c.       1, 3, dan 5

d.      2, 3, dan 4

e.      2, 3, dan 5

 

14.   Masuknya Islam di Indonesia merupakan contoh . . .

a.       Penetration violence

b.      Penetration pasifique

c.       Difusi

d.      Inovasi

e.      Discovery

 

15.   Penemuan unsur kebudayaan yang baru, baik berupa alat atau gagasan disebut . . .

a.       Invention

b.      Inovasi

c.       Discovery

d.      Difusi

e.      Asimilasi

 

16.   Kriteria kelompok yang diungkapkan oleh Merton adalah . . .

a.       Ditandai dengan sering terjadinya interaksi

b.      Merupakan sekumpulan orang yang mandiri

c.       Memiliki rasa kekeluargaan yang erat

d.      Memiliki hukum yang bersifat memaksa

e.      Memiliki kesadaran untuk saling menolong

 

17.   Masyarakat yang telah mengenal pembagian kerja dan memiliki kesempatan antaranggota disebut . . .

a.       In-group

b.      Kelompok primer

c.       Solidaritas mekanik

d.      Solidaritas organik

e.      Paguyuban

 

18.   Bentuk terkecil dalam suatu kelompok sosial disebut . . .

a.       Dyad

b.      Monad

c.       Triad

d.      In-group

e.       Out-group

 

19.   Perasaan dalam dan luar kelompok merupakan dasar dari . . .

a.       Chauvinisme

b.      Nasionalisme

c.       Primordialisme

d.      Etnosentrisme

e.      Sukuisme

 

20.   Sejumlah orang yang mengerumuni korban kecelakaan mobil merupakan contoh . . .

a.       Kelompok dalam

b.      Kerumunan

c.       Kelompok luar

d.      Publik

e.      Kolektif

 

21.   Teman sepermainan dan keluarga merupakan contoh . . .

a.       Kelompok primer

b.      Kelompok luar

c.       Kelompok sekunder

d.      Kelompok sosial

e.      Kerumunan

 

22.   Berikut ini, yang merupakan ciri-ciri paguyuban adalah . . .

a.       Ekslusif

b.      Inklusif

c.       Terbuka

d.      Berdasarkan perjanjian

e.      Memiliki struktur

 

23.   Pandangan yang menyatakan bahwa orang Cina bersifat licik merupakan contoh . . .

a.       Stereotip

b.      Antipati

c.       Antagonisme

d.      Prasangka

e.      Primordialisme

 

24.   Yang termasuk ke dalam bentuk dominasi adalah . . .

a.       Genosida dan akulturasi

b.      Genosida dan segregasi

c.       Difusi dan asimilasi

d.      Segregasi dan integrasi

e.      Integrasi dan pluralisme

 

25.   Semboyan Bhineka Tunggal Ika yang dimiliki bangsa Indonesia menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia merupakan . . .

a.       Masyarakat majemuk

b.      Masyarakat sosialis

c.       Masyarakat otoriter

d.      Masyarakat demokratis

e.      Masyarakat modern

 

26.   Yang termasuk ke dalam pola hubungan patenalisme adalah . . .

a.       Masyarakat madani

b.      Masyarakat kolonial

c.       Masyarakat agraris

d.      Masyarakat majemuk

e.      Masyarakat status

 

27.   Keinginan manusia untuk hidup bersama dengan orang lain disebut . . .

a.       Insting

b.      Gregariousness

c.       Hasrat

d.      Pengelompokan sosial

e.      Naluri

 

28.   Kelompok primer dalam masyarakat Indonesia dikenal pula dengan sebutan . . .

a.       Patembayan

b.      Paguyuban

c.       Kelompok sosial

d.      Masyarakat majemuk

e.      Masyarakat perkotaan

 

29.   Sikap terhadap kelompok luar ditandai dengan  . . .

a.       Simpati

b.      Perasaan senasib

c.       Kekerasan

d.      Antipati

e.      Konflik

 

30.   Kinloch mengemukakan kriteria yang mendasari hubungan antarkelompok yaitu . . .

a.       Kriteria kebudayaan

b.      Kriteria kekuasaan

c.       Kritertia pekerjaan

d.      Kriteria peranan sosial

e.      Kriteria pendidikan

 

31.   Karakteristik keragaman masyarakat menurut Van den Berghe adalah . . .

a.       Adanya dominasi politik oleh suatu kelompok atas kelompok lain

b.      Musyarawah untuk menyelesaikan konflik

c.       Mengembangkan rasa saling tenggang rasa yang sangat tinggi

d.      Memiliki segmentasi budaya yang jelas

e.      Memiliki keragaman budaya

 

32.   Dasar berpikir dari masyarakat multikulturalisme adalah . . .

a.       Pluralisme

b.      Etnosentrisme

c.       Multikulturalisme

d.      Liberalisme

e.      Demokratisasi

 

33.   Masyarakat yang berusaha untuk membatasi pergaulannya dengan masyarakat lain yang dianggap dapat merusak budayanya disebut . . .

a.       Masyarakat desa

b.      Masyarakat enklusif

c.       Masyarakat inklusif

d.      Masyarakat nelayan

e.      Masyarakat pertanian

 

34.   Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut!

1.       Pola pikir cenderung rasional

2.       Cenderung bersifat sekuler

3.       Religius magis

4.       Tingkat mobilitas sosial rendah

5.       Sangat tergantung pada alam

Yang termasuk ke dalam ciri masyarakat desa adalah . . .

a.       1, 2, dan 3

b.      1, 2, dan 4

c.       2, 3, dan 4

d.      2, 3, dan 5

e.      3, 4, dan 5

 

35.   Faktor yang mempengaruhi terjadinya konflik dalam masyarakat Indonesia adalah . . .

a.       Adanya perbedaan sikap atau pendirian

b.      Sikap menerima perubahan secara kritis

c.       Sangat percaya pada rasionalitas

d.      Terjadinya disintegrasi bangsa

e.      Pendistribusian kekayaan yang tidak merata

 

36.   Dari segi lokalitas, masyarakat Indonesia dibagi menjadi . . .

a.       Masyarakat konservatif dan modern

b.      Masyarakat ekslusif dan inklusif

c.       Masyarakat desa dan kota

d.      Masyarakat pertanian dan nelayan

e.      Masyarakat tradisional dan modern

 

37.   Contoh masalah masyarakat Indonesia yang bersifat horizontal adalah . . .

a.      Kekuasaan dan kekayaan

b.      Kekayaan dan suku bangsa

c.       Ras dan kekayaan

d.      Suku bangsa dan agama

e.      Agama dan pendidikan

 

38.   Faktor-faktor yang mendorong keragaman masyarakat Indonesia adalah . . .

a.       Keadaan geografis Indonesia

b.      Sumber alam yang melimpah

c.       Mata pencaharian yang berbeda

d.      Realitas sosial dan budaya yang khas

e.      Adanya dominasi terhadap minoritas

 

39.   Manfaat masyarakat multikulturalisme adalah . . .

a.       Kebenaran menjadi monopoli orang yang berkuasa

b.      Munculnya rasa tidak menghargai kebudayaan lain

c.       Sebagai benteng pertahanan terhadap ancaman yang timbul dari budaya kapital

d.      Menjadi alat untuk mengembangkan adat dan tradisi

e.      Dapat berfungsi sebagai alat untuk mengevaluasi kinerja masyarakat

 

40.   Masyarakat multikultural adalah . . .

a.       Masyarakat yang mengakui beragam keunikan budaya, tetapi tidak mengekang kelompok lain

b.      Masyarakat yang mengakui beragam budaya, tetapi mendominasi kelompok lain

c.       Masyarakat yang memiliki subkebudayaan yang berbeda

d.      Masyarakat yang mengakui keberagaman kelompok lain, tetapi seringkali mengalami konflik

e.      Masyarakat yang berintegrasi dalam satu pemerintahan yang otoriter

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Soal sosiologi kelas XII

1.       Adanya ketidaksesuaian di antara unsur-unsur yang saling berbeda yang dijumpai dalam kehidupan sosial di masyarakat sering menghasilkan suatu pola kehidupan yang tidak serasi fungsinya bagi kehidupan masyarakat yang bersangkutan. Proses ini merupakan . . .

a.       Perubahan Kebudayaan

b.      Differensiasi Sosial

c.       Peranan Sosial

d.      Perubahan Sosial

e.      Integrasi Sosial

 

2.       Salah satu faktor yang menyebabkan terjadinya perubahan sosial adalah . . .

a.       Tingkat pertumbuhan penduduk yang tinggi

b.      Program transmigrasi dari pemerintah

c.       Keberhasilan program Keluarga Berencana

d.      Adanya perpindahan penduduk antardaerah

e.      Menurunnya tingkat kesejahteraan masyarakat

 

3.       Perubahan yang merupakan lanjutan dari perubahan terdahulu disebut . . .

a.       Perubahan mendasar

b.      Perubahan revolusi

c.       Perubahan struktural

d.      Perubahan menyebar

e.      Perubahan proses

 

4.       Pergolakan sangat erat kaitannya dengan disintegrasi karena . . .

a.       Disintegrasi berakibat terhadap perubahan

b.      Pergolakan menimbulkan chaos

c.       Pergolakan menimbulkan anomi

d.      Pergolakan cenderung menimbulkan disintegrasi

e.      Pergolakan cenderung mengarah ke konflik

 

5.       Modernisasi merupakan fase menuju industrialisasi karena di dalamnya terdapat perubahan . . .

a.       Peranan

b.      Fungsi

c.       Pola pikir

d.      Status

e.      Identitas

 

 

6.     Modernisasi adalah usaha untuk hidup sesuai dengan zaman dan keadaan dunia sekarang. Konsep modernisasi disampaikan oleh . . .

a.       E. Moore

b.      Koentjaraningrat

c.       Astrid S. Susanto

d.      Soegono Soekanto

e.      Ogburn dan Nimkoff

 

7.       Salah satu syarat modernisasi adalah tingkat organisasi yang tinggi. Maksudnya adalah . . .

a.       Terciptanya disiplin

b.      Lahirnya birokrasi yang rumit

c.       Hilangnya suasana santai

d.      Adanya garis-garis komando

e.      Mudahnya mendapatkan data

8.   Terjadinya modernisasi di Indonesia karena didorong oleh keinginan untuk . . .

a.       Lebih menghargai waktu

b.      Hidup lebih makmur

c.       Peningkatan disiplin nasional

d.      Menikmati pembaharuan

e.      Menikmati prestasi yang dicapai

 

9.   Fungsi manifes dalam lembaga sosial adalah fungsi . . .

a.       Yang tidak disadari oleh masyarakat

b.      Yang sewaktu-waktu akan muncul kembali

c.       Yang sifatnya temporer

d.      Yang disadari oleh banyak orang di masyarakat

e.      Yang bukan merupakan tujuan utama

 

10.   Fungsi keluarga yang berkaitan dengan pelestarian nilai-nilai leluhur adalah sebagai wadah . . .

a.       Transmisi budaya

b.      Perlindungan ekonomi

c.       Pelestarian generasi

d.      Sosialisasi primer

e.      Pendidikan informal

 

11.   Jika suami istri bertempat tinggal di tempat kelahiran masing-masing, maka pola menetap yang dianut adalah . . .

a.       Patrilokal

b.      Bilokal

c.       Neolokal

d.      Avunkulokal

e.      Natalokal

 

12.   Simbol dari lembaga keluarga antara lain adalah . . .

a.       Uang

b.      Kekuasaan

c.       Bendera

d.      Cincin kawin

e.      Pendidikan informal

 

 

13.   Fungsi pranata keluarga yang paling alamiah adalah . . .

a.       Membahagiakan keluarga

b.      Mendidik anak

c.       Mewariskan budaya

d.      Membantu masyarakat

e.      Melanjutkan keturunan

 

14.   Seperangkat norma yang dibentuk, diubah, dan dipertahankan manusia disebut . . .

a.       Asosiasi sosial

b.      Adat kebiasaan

c.       Lembaga sosial

d.      Tata tertib

e.      Peraturan

 

15.   Berikut ini yang merupakan fungsi manifes dari lembaga pendidikan adalah . . .

a.       Mengajarkan status dan peranan sosial

b.      Membentuk masyarakat yang demokratis

c.       Membentuk masyarakat yang sejahtera

d.      Memberi kesempatan kepada masyarakat untuk mendapatkan pekerjaan

e.      Memberi identitas diri pada warga masyarakat

 

16.   Perkawinan yang dilakukan dalam lingkungan sendiri disebut . . .

a.       Homogami

b.      Poligami

c.       Heterogami

d.      Eksogami

e.      Endogami

 

17.   Salah satu fungsi laten lembaga pendidikan adalah . . .

a.       Transmisi kebudayaan masyarakat

b.      Mengajarkan peranan sosial

c.       Membuat orang mandiri

d.      Penguluran masa ketidakdewasaan

e.      Mendapatkan lapangan pekerjaan

 

18.   Revolusi di negara dunia ketiga merupakan contoh dari perubahan  . . .

a.       Proses

b.      Struktural

c.       Progress

d.      Regress

e.      Bergelombang

 

19.   Masyarakat dan kebudayaan akan bertahan atau berubah apabila . . .

a.       Sesuai atau tidak sesuai

b.      Maju atau mundur

c.       Homogen atau heterogen

d.      Formal atau informal

e.      Religius atau sekuler

 

20.   Perubahan sosial di masyarakat dapat terjadi apabila . . .

a.       Adanya tekanan dari pihak luar

b.      Menyangkut sesuatu yang esensial

c.       Masyarakat sadar akan kekurangannya

d.      Dibutuhkan kelompok minoritas

e.      Terjadi pertentangan nilai

 

21.   Ciri proses perubahan sosial yang menyangkut sesuatu yang menjadi pedoman masyarakat dalam bertindak adalah . . .

a.       Rusaknya lingkungan fisik dan ingkungan sosial

b.      Nilai dan norma sosial tidak berfungsi di masyarakat

c.       Timbulnya anomi dan anarki berkepanjangan

d.      Masa transisi di segala sektor kehidupan

e.      Main hakim sendiri dan rendahnya kesadaran hokum

 

 

22.   Kenakalan remaja disebabkan oleh . . .

a.       Frustasi karena kegagalan

b.      Keluarga yang tidak harmonis

c.       Penyalahgunaan kebebasan

d.      Lingkungan sekolah yang tidak disiplin

e.      Semuanya benar

 

23.   Ciri masyarakat modern yang cocok dengan tuntutan globalisasi adalah . . .

a.       Memanfaatkan peluang dan mencari keuntungan

b.      Mandiri dan menghargai waktu

c.       Kontrol diri yang baik dan berwawasan luas

d.      Menghargai kaum lemah dan menjunjung tinggi HAM

e.      Melihat ke masa depan dan berteknologi tinggi

 

 

24.   Pembagian kerja pada masyarakat modern didasarkan pada . . .

a.       Kedudukan seseorang

b.      Kemampuan fisik seseorang

c.       Keterampilan atau keahlian seseorang

d.      Jabatan yang dimiliki seseorang

e.      Pengalaman seseorang

 

25.   Kesenjangan sosial-ekonomi yang terlalu tinggi mendorong timbulnya . . .

a.       Konflik antarwarga

b.      Kecemburuan sosial

c.       Disintegrasi masyarakat

d.      Kemiskinan

e.      Kebodohan

 

26.   Motivasi masyarakat desa untuk melakukan urbanisasi adalah . . .

a.       Lebih tingginya upah buruh di desa daripada di kota

b.      Kesempatan kerja yang lebih luas dan bervariasi di kota

c.       Semakin tidak lancarnya transportasi dari desa ke kota

d.      Tersedianya harga barang yang murah dan lebih lengkap

e.      Kota dapat memberikan kebahagian manusia sepanjang hari

 

27.   Dampak negatif urbanisasi yang berkaitan dengan situasi di desa adalah . . .

a.       Pengangguran semakin berkurang jumlahnya

b.      Tingginya tingkat kejahatan dan kriminalitas

c.       Berkurangnya sumber daya manusia yang potensial

d.      Lahan  pertanian yang subur semakin bertambah

e.      Terjadinya kepadatan penduduk yang sangat merata

 

28.   Yang termasuk evolusi di bidang sosial adalah . . .

a.       Perubahan sistem pertanian ladang berpindah ke sistem irigasi

b.      Penerimaan masyarakat terhadap pola hidup keluarga kecil

c.       Pergantian sistem pemerintahan komunisme ke liberalisme

d.      Penggunaan bibit hibrida menggantikan bibit lokal

e.      Penggunaan mesin traktor untuk membajak tanah

 

29.   Perubahan mode pakaian adalah perubahan yang tidak luas, karena . . .

a.       Selalu menguntungkan pedagang

b.      Hanya diikuti oleh golongan tertentu

c.       Tidak ada hubungan dengan politik

d.      Hanya untuk kebutuhan sekunder

e.      Diciptakan oleh pedagang

 

30.   Faktor yang berpengaruh terhadap penerimaan suatu unsur baru adalah . . .

a.       Tidak sejalan dengan nilai masyarakat

b.      Sejalan dengan kemauan pemerintah

c.       Belum tersedianya alat telekomunikasi

d.      Unsur yang melandasi belum jelas

e.      Langsung dirasakan manfaatnya

 

 

31.   Kesamaan modernisasi, westernisasi, dan sekularisasi terletak pada . . .

a.       Kepentingan ekonomi

b.      Kepentingan politik

c.       Kepentingan dunia

d.      Kepentingan sosial

e.      Kepentingan budaya

 

32.   Contoh westernisasi adalah . . .

a.       Giat belajar untuk kemajuan bangsa

b.      Berpakaian ala Michael Jackson

c.       Menghindari masuknya unsur budaya barat

d.      Mempelajari budaya barat

e.      Bepergian ke negara barat

 

33.   Hubungan industrialisasi dengan urbanisasi sangat erat, karena . . .

a.       Urbanisasi disebabkan oleh kesempatan kerja di bidang industri di kota

b.      Industrialisasi selalu ditunjang oelh jumlah penduduk yang banyak

c.       Industrialisasi hanya membutuhkan ilmu dan teknologi modern

d.      Urbanisasi menyebabkan perlunya pengembangan berbagai jenis industri

e.      Industri biasanya dibangun di kota dan membutuhkan tenaga kerja

 

34.   Manusia modern antara lain berciri menjunjung tinggi suatu sikap dimana imbalan yang diterima harus berdasarkan prestasi yang dicapai. Hal ini sejalan dengan konsep . . .

a.       Keadilan

b.      Kedaulatan

c.       Demokrasi

d.      Solidaritas

e.      Liberal

 

35.   Contoh modernisasi di bidang sikap dan nilai adalah . . .

a.       Menghargai semua tingkah laku orang barat

b.      Meniru mode dan kebiasaan masyarakat Amerika

c. Menolak seluruh tradisi masyarakat desa

d.      Menghargai waktu dan meningkatkan disiplin

e.      Menerima tradisi nenek moyang bangsa lain

 

 

 

 

 

By SOCIOUS SOCIETY

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s