8. CONTOH DAMPAK PERUBAHAN SOSIAL

1359469-balaikota-panas-620X310

JAKARTA, KOMPAS.com — Sekelompok massa dari berbagai elemen buruh kembali mendatangi kantor Balaikota DKI Jakarta, Jumat (2/11/2012). Mereka kembali mendesak Pemprov DKI Jakarta agar menaikkan upah buruh yang dinilai tidak sesuai lagi untuk memenuhi kebutuhan hidup di Jakarta, menghapus tenaga kerja alih daya, dan menjamin kesehatan.

Terkait demo ini, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengaku sudah mengetahui adanya demo tersebut.

“Ya, saya sudah tahu kok ada demo di depan Balkot. Nanti dari pertemuan tadi dengan Pak Menteri dengan Ibu Gubernur, Bapak Gubernur, nanti ketemu dengan Apindo, ketemu dengan serikat,” kata Jokowi, di Kemenakertrans, Jakarta, Jumat, (2/11/2012).

Namun, Jokowi masih belum menyebut angka pasti berapa besaran UMP di Jakarta. “Ini semuanya masih dalam proses semuanya. Saya enggak mau ngomong angka. Enggak mau,” kata Jokowi.

Ribuan buruh berencana berunjuk rasa di sejumlah titik di Jakarta hari ini, seperti di Balaikota, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi DKI Jakarta, dan Suku Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jakarta Pusat.

Pada saat yang bersamaan, hari ini di ruang rapat Wakil Gubernur, Wakil Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama juga melakukan pembahasan soal penetapan kebutuhan hidup layak (KHL) dan upah minimum provinsi (UMP) 2013.

Pada pertemuan tersebut, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akhirnya menetapkan angka kebutuhan hidup layak (KHL) sebesar Rp 1.978.789 per bulan.

Seperti yang diberitakan, sejumlah buruh dari Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (KSBSI), Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI), Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI), serta sejumlah organisasi buruhnya memulai aksinya sekitar pukul 10.00 WIB di depan kantor Wali Kota Jakarta.

Para buruh ini berunjuk rasa menolak upah murah. Mereka menuntut Jokowi untuk menaikkan upah minimum provinsi (UMP) DKI Jakarta per 1 Januari 2013.

Jarang kita melihat para buruh di Indonesia memiliki kekayaan yang banyak atau bisa dikategorikan kedalam golongan masyarakat menengah ke atas. Mayoritas para buruh dikategorikan dalam golongan menengah ke bawah dan banyak juga diantara para buruh untuk mencukupi kebutuhan hidup keluarganya masih kurang dari penghasilannya sebagai seorang buruh.

Latar belakang yang menyebabkan masalah ini adalah masih minimnya gaji atau upah yang didapatkan mereka sebagai seorang buruh baik buruh industri,perusahaan,perhotelan maupun buruh tani. Sangat memprihatinkan memang jika buruh yang sudah bekerja dengan waktu yang lama masih mendapatkan upah yang tidak sesuai atau upah yang rendah. Mereka menerima upah yang tidak sesuai dengan apa yang telah mereka kerjakan.  Standar gaji yang diberikan oleh pemerintah kepada mereka tidak sesuai dengan kebutuhan yang harus mereka penuhi setiap harinya sehingga para buruh kecewa pada pemerintah yang telah membuat standar gaji yang sangat rendah ini.

Penghasilan yang rendah atau masih dibawah standar kebutuhan hidup sehari-hari menyebabkan tingkat kesejahteraan diantara para buruh masih sangat sulit untuk dicapai. Penghasilan yang rendah ini juga dapat mendatangkan bencana bagi para buruh yaitu dengan tidak terpenuhinya kebutuhan hidup yang harus dicapai setiap harinya. Jika dilihat dari kenyataan yang ada pada buruh Indonesia saat ini bahwa penghasilan mereka berbanding terbalik dengan biaya pengeluaran yang harus digunakan untuk memenui kebutuhan hidup mereka setiap harinya. Penghasilan yang mereka dapatkan  sangat tidak layak jika dibandingkan juga dengan harga-harga kebutuhan pokok saat ini. Kebutuhan pokok yang semakin meningkat dari segi harganya sangat tidak rasional dengan apa yang mereka dapatkan sebagai seorang buruh. Hal ini disebabkan karena adanya peningkatan taraf hidup dalam masyarakat Indonesia.

By SOCIOUS SOCIETY

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s